Jenis Besi Beton dan Daftar Harga di Jawa Timur 2023

Besi Beton atau Cor untuk Bahan Bangunan Bertingkat

Besi beton merupakan salah satu material konstruksi yang umum digunakan untuk memberikan kekuatan dan stabilitas pada struktur bangunan, khususnya pada konstruksi beton bertulang. Berikut adalah beberapa jenis besi beton yang sering digunakan dalam bangunan:

 

  1. Besi Beton Polos (Plain Bars): Besi beton polos merupakan jenis besi beton dengan permukaan yang halus dan tidak memiliki bentuk khusus pada permukaannya. Besi beton polos banyak digunakan dalam proyek-proyek bangunan yang tidak memerlukan peningkatan daya cengkeram yang khusus.
  2. Besi Beton Ulir (Deformed Bars): Besi beton ulir memiliki permukaan yang bergelombang atau berulir, yang bertujuan untuk meningkatkan daya cengkeram atau perlekatan besi dengan beton. Hal ini meningkatkan daya tarik besi beton terhadap gaya tarik pada struktur beton bertulang.
  3. Besi Beton Sengkang (Ribbed Bars): Besi beton sengkang adalah jenis besi beton dengan permukaan bergelombang atau berlekuk yang lebih dalam dibandingkan dengan besi beton ulir. Ini memberikan peningkatan daya cengkeram yang lebih baik untuk aplikasi di mana diperlukan kekuatan tambahan.
  4. Besi Beton Ring (Ring Bars): Besi beton ring adalah jenis besi beton yang memiliki bentuk cincin (ring) yang teratur dan seragam pada permukaannya. Bentuk cincin ini membantu dalam peningkatan daya cengkeram besi beton dengan beton.
  5. Besi Beton Persegi (Square Bars): Besi beton persegi memiliki penampang melintang berbentuk persegi dan sering digunakan untuk aplikasi khusus, seperti tangga beton bertulang.
  6. Besi Beton Cakar Ayam (Twisted Bars): Besi beton cakar ayam memiliki permukaan yang berbentuk cakar ayam atau berbentuk spiral. Jenis besi beton ini juga digunakan untuk meningkatkan daya cengkeram besi dengan beton.
  7. Besi Beton Pengikat (Stirrups): Besi beton pengikat atau stirrup adalah besi beton dengan bentuk lingkaran atau pola lainnya yang digunakan untuk mengikat dan mengencangkan besi-besi utama dalam struktur beton bertulang.
Baca juga:  Spesifikasi dan Harga Semua Tipe Mesin Gerinda Tangan Merk Modern

Pilihlah jenis besi beton yang sesuai dengan persyaratan teknis dan kebutuhan struktur bangunan yang Anda kerjakan. Pastikan juga untuk menggunakan besi beton berkualitas dan mematuhi standar konstruksi yang berlaku agar struktur bangunan menjadi kuat, aman, dan tahan lama.

Baca juga:  Fiber Semen Bentuk Papan Pengganti Gypsum Cocok Untuk Interior yang Kokoh

 

Besi Beton memiliki berbagai macam merek dan ukuran. Besi beton dibutuhkan oleh proyek bangunan tergantung sesuai kebutuhan. Harga besi beton berikut merupakan harga standar distributor toko bangunan wilayah Jawa Timur.

Baca juga:  Spesifikasi dan Harga 4 Tipe Mesin Gerinda Tangan Maktec

 

Daftar Harga Besi Beton 2023

Diameter 6mm/batang  : Rp 30.500

Diameter 8mm / batang : Rp 38.000 (TYS ), Rp. 44.000 ( HJ ), Rp. 28.500 ( SP )

Diameter 10mm/batang :  Rp. 58.000 ( TYS ), Rp. 57.000 ( HJ ), Rp. 51.000 ( SP )

Diameter 12mm /batang :  Rp. 100.000 ( HJ ), Rp. 80.000 ( TYS )

Diameter 16mm (12m) :  Rp 150.000

Besi Hollow ( 20 x 40 ) : Rp. 22.000

Besi Hollow ( 40 x 40 ) : Rp. 27.000

Seng Gelombang ( 182 x 91 x 0.2 ) : Rp. 40.000

Plat Alumunium ( 2 x 1 x 0.2 tebal ) : Rp. 39.000

Plat alumunium / meter : Rp. 26.000

Tinggalkan Balasan