Motor Ninja Matic J300

Kawasaki Ninja Matic J300 VS Honda Forza & Yamaha Xmax, Mana Lebih Tangguh ?

Diposting pada

Kawasaki merupakan perusahaan multinasional yang memiliki lebih dari lima puluh saham di kota-kota besar di seluruh dunia. Bisnisnya mencakup pengendalian lingkungan dan rekayasa pembangkit energi, permesinan dan robotika, pembangunan kapal dan teknik kelautan, teknik pembangkit listrik dan struktur baja, rolling stock, aerospace, serta ATV, sepeda motor, kendaraan Side x Side, dan watercraft pribadi. Kawasaki memulai bisnisnya dengan mimpi dan berhasil tumbuh menjadi perusahaan besar seperti sekarang ini. Selain itu, perusahaan ini juga membangun shield machine terbesar di dunia dengan diameter lebih dari 46 kaki.

 

Kawasaki Indonesia tidak suka motor matic karena banyak menilai terlalu mahal. Namun, Kawasaki ingin bersaing di pasar motor matic yang semakin ramai di Indonesia dan menawarkan alternatif bagi konsumen yang mencari motor matic dengan performa yang tangguh dan desain yang sporty.

Kawasaki J300 adalah salah satu motor matic Kawasaki yang diluncurkan pada tahun 2013. Motor ini memiliki desain sporty yang gagah dan performa yang bertenaga serta fitur keselamatan seperti sistem pengereman ABS. Harga Kawasaki J300 di pasar internasional berkisar mulai dari GBP4599 atau sekitar Rp88 jutaan.

 

Kawasaki juga memiliki lini produk sepeda motor sport seperti Kawasaki Ninja ZX-25R dan Kawasaki Ninja 650. Kawasaki Ninja ZX-25R adalah motor sport dengan mesin 4 silinder 250cc yang diluncurkan pada tahun 2020, sedangkan Kawasaki Ninja 650 adalah motor sport dengan mesin 2 silinder 650cc yang diluncurkan pada tahun 2010.

Meskipun Kawasaki tidak terlalu fokus pada motor matic, perusahaan ini tetap berusaha untuk memperluas lini produk mereka di Indonesia dan menawarkan motor matic dengan spesifikasi yang lebih unggul dibandingkan dengan pesaingnya seperti Yamaha NMax dan Honda PCX.

Baca juga:  Sejarah Sepeda Motor Listrik. Harga, Komponen dan Jenis Baterai Bagaimana?

 

Varian Kawasaki Ninja Matic

Kawasaki memiliki beberapa varian Ninja Matic, yaitu:

  • Kawasaki J300: Kawasaki J300 disebut juga sebagai “Ninja Matic”. Motor matic ini memiliki desain yang besar dan penampilan yang tajam yang menonjolkan J300 dari motor matic lainnya. Kawasaki J300 juga menawarkan performa yang tangguh dan penuh tenaga.
  • Kawasaki Ninja Matic 125: Kawasaki Ninja Matic 125 adalah motor matic terbaru dari Kawasaki yang diluncurkan pada tahun 2023. Motor ini memiliki kapasitas mesin 125cc dan menawarkan performa yang tangguh.
  • Kawasaki Ninja Matic 150: Kawasaki Ninja Matic 150 adalah motor matic terbaru dari Kawasaki yang akan segera diluncurkan. Motor ini digadang-gadang akan menjadi pesaing ketat motor NMAX dan PCX. Kawasaki Ninja Matic 150 akan hadir dengan tiga varian warna, yaitu hitam, hijau, dan putih.
  • Kawasaki Ninja Matic 160: Kawasaki Ninja Matic 160 adalah motor matic terbaru dari Kawasaki yang kabarnya akan diluncurkan di Indonesia. Motor ini akan membawa DNA Kawasaki Ninja sehingga tampilannya akan terlihat sangat agresif dan memiliki dapur pacu yang sangat tangguh.

Dari keempat varian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Kawasaki memiliki beberapa varian Ninja Matic yang menawarkan performa yang tangguh dan desain yang sporty.

 

Keunggulan Kawasaki J300

Berikut adalah keunggulan Kawasaki J300 dari pada motor matic lainnya berdasarkan hasil pencarian:

  • Desain sporty yang gagah dan ciri khas Kawasaki.
  • Performa yang bertenaga dan besar. Kawasaki J300 mampu menghasilkan tenaga maksimal 27bhp pada putaran 8000 rpm. Mesin ini mengklaim mampu memuntahkan power hingga 28 bhp.
  • Suspensi depan yang nyaman dan stabil.
  • Kualitas material yang baik dan tahan lama.
  • Fitur keselamatan seperti sistem pengereman ABS.
  • Kapasitas tangki bahan bakar yang besar.
  • Cocok untuk penggunaan harian dan touring.
  • Harga yang kompetitif dari pada motor matic lainnya.
Baca juga:  Cara Kerja Teknologi Hidrogen pada Mobil, Apa Kelemahannya? Indonesia Berani Produksi ?

Dari keunggulan-keunggulan tersebut, dapat kita simpulkan bahwa Kawasaki J300 menawarkan desain sporty yang gagah dan performa yang bertenaga serta fitur keselamatan seperti sistem pengereman ABS. Selain itu, motor matic ini juga cocok untuk penggunaan harian dan touring dengan kualitas material yang baik dan tahan lama serta harga yang kompetitif dari pada motor matic lainnya.

 

Kawasaki J300 VS Honda Forza & Yamaha Xmax

Terdapat beberapa perbandingan performa Kawasaki J300 dengan Honda Forza dan Yamaha XMax, yaitu:

  1. Kawasaki J300 mampu menghasilkan tenaga maksimal 27bhp pada putaran 8000 rpm, sedangkan Honda Forza 300 mampu menghasilkan tenaga maksimal 24.8 bhp pada putaran 7,000 rpm. Yamaha XMax 250 mampu menghasilkan tenaga maksimal 22.5 bhp pada putaran 7,000 rpm, sedangkan Yamaha XMax 400 mampu menghasilkan tenaga maksimal 32.4 bhp pada putaran 7,000 rpm.
  2. Kawasaki J300 lengkapi dengan suspensi depan yang nyaman dan stabil, sedangkan Honda Forza 300 lengkap dengan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang ganda. Yamaha XMax 250 dan XMax 400 juga lengkap dengan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang ganda.
  3. Kawasaki J300 lengkap dengan sistem pengereman ABS, sedangkan Honda Forza 300 dan Yamaha XMax 250 dan XMax 400 juga lengkap dengan sistem pengereman ABS.
Baca juga:  Cara Merawat Sepeda Motor Listrik, Yuk Intip Daftar Harga Beserta Merk

Dari perbandingan performa tersebut, dapat kita simpulkan bahwa Kawasaki J300 memiliki performa yang lebih garang dan besar dari pada dengan Honda Forza 300 dan Yamaha XMax 250. Namun, Yamaha XMax 400 memiliki performa yang lebih besar dari pada Kawasaki J300. Selain itu, ketiga motor tersebut lengkap dengan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang ganda, serta sistem pengereman ABS.

 

Harga Kawasaki Ninja J300

Berdasarkan hasil pencarian, berikut adalah perbandingan harga Kawasaki J300, Honda Forza, dan Yamaha XMax:

  • Kawasaki J300 berbanderol mulai dari GBP4599 atau sekitar Rp88 jutaan.
  • Honda Forza 300 bebanderol mulai dari Rp 76,5 juta.
  • Yamaha XMax 250 bebanderol mulai dari Rp 61,9 juta.
  • Yamaha XMax 400 berbanderol mulai dari Rp 99,5 juta.

Dari perbandingan harga tersebut, dapat kita simpulkan bahwa Kawasaki J300 memiliki harga yang lebih tinggi dari pada Yamaha XMax 250, namun lebih murah dari pada Honda Forza 300 dan Yamaha XMax 400. Namun, harga dapat berbeda-beda tergantung pada wilayah dan negara masing-masing.

 

Kapan Kawasaki J300 Rilis di Indonesia

Setelah melakukan pencarian, tidak dapat memastikan kapan Kawasaki J300 rilis secara pasti. Namun, beberapa artikel menyebutkan bahwa Kawasaki J300 meluncur ke beberapa negara pada tahun 2013. Meskipun begitu, dalam artikel terbaru tahun 2022, Kawasaki J300 menjadi pesaing potensial bagi Honda Forza dan Yamaha XMax di Indonesia. Namun, tidak ada informasi spesifik mengenai tanggal atau tahun pasti kedatangan Kawasaki J300 di Indonesia.