Mengenal Mesin Press Brake

Mengenal Mesin Press Brake dan Cara Kerjanya Supaya Akurat dan Presisi

Diposting pada

Mesin press brake adalah mesin industri yang digunakan untuk memotong atau membentuk material seperti plat logam dengan cara menekan material tersebut dengan gaya yang besar, menggunakan punch dan die (dies). Mesin press brake sering digunakan dalam industri otomotif, konstruksi, dan manufaktur.

 

Prinsip kerja mesin press brake adalah dengan menempatkan material yang akan dibentuk atau dipotong di antara punch dan die yang saling bertautan dan saling melengkapi. Kemudian, mesin akan menekan material tersebut dengan menggunakan tekanan yang besar, sehingga material akan berubah bentuk sesuai dengan bentuk die yang digunakan.

Mesin press brake memiliki berbagai macam ukuran dan kapasitas, sehingga dapat digunakan untuk memproses material dengan berbagai ukuran dan ketebalan. Mesin press brake modern biasanya dilengkapi dengan kontrol numerik yang memungkinkan pengguna untuk mengatur sudut, kedalaman, dan panjang potongan atau pembengkokan material secara akurat dan presisi.

 

Cara Kerja Mengoperasikan Mesin Press Brake

Mesin press brake bekerja dengan cara menekan material (biasanya plat logam) antara punch dan die menggunakan kekuatan yang besar, sehingga material akan dibentuk atau dipotong sesuai dengan bentuk die yang digunakan. Berikut adalah penjelasan cara kerja mesin press brake secara lebih detail:

  1. Persiapan material: Material yang akan diproses harus dipersiapkan terlebih dahulu dengan memotong atau memperoleh material dalam ukuran yang diinginkan.
  2. Pemilihan punch dan die: Punch dan die dipilih sesuai dengan bentuk yang diinginkan pada material. Punch adalah bagian mesin press brake yang berbentuk menyerupai pahat dan digunakan untuk menekan material, sedangkan die adalah bagian yang berbentuk rongga atau cetakan yang berfungsi untuk menahan material saat ditekan.
  3. Penempatan material: Material diletakkan di atas die dan disesuaikan dengan posisi punch.
  4. Pengaturan mesin: Mesin press brake diatur terlebih dahulu sesuai dengan ketebalan dan jenis material yang akan diproses. Pengaturan dapat meliputi kecepatan dan tekanan yang digunakan oleh mesin.
  5. Proses pemotongan atau pembengkokan: Setelah mesin diatur, proses pemotongan atau pembengkokan dimulai dengan menekan material di antara punch dan die. Tekanan yang diberikan akan membentuk material sesuai dengan bentuk die yang digunakan.
  6. Pembersihan: Setelah proses selesai, material yang diproses harus dibersihkan dari sisa-sisa material atau kotoran lainnya.
Baca juga:  Peran Mesin Laser Cutting di Bidang Industri, Inilah Jenis dan Macamnya

 

Baca juga:  Macam-macam Bakso dan Harga Mesin Pencetak Bakso Maksindo dan Astro

Mesin press brake modern dilengkapi dengan kontrol numerik yang memungkinkan pengaturan yang lebih akurat dan presisi dalam proses pemotongan atau pembengkokan material.

 

Jenis dan Macam Mesin Press Brake Sesuai Fungsinya

Mesin press brake adalah mesin perkakas yang digunakan untuk membentuk plat logam dengan cara menekannya dengan tekanan tinggi. Berikut adalah beberapa macam mesin press brake yang umum digunakan:

  1. Press Brake Konvensional: Jenis mesin press brake ini merupakan tipe mesin yang paling sederhana dan umum digunakan. Prinsip kerja mesin press brake konvensional adalah dengan menggunakan daya mekanik untuk menekan plat logam pada suatu sudut tertentu.
  2. Hydraulic Press Brake: Jenis mesin press brake ini menggunakan sistem hidrolik untuk menekan plat logam. Kelebihan mesin press brake hidrolik adalah mampu memberikan tekanan yang lebih konsisten dan akurat.
  3. CNC Press Brake: Jenis mesin press brake ini menggunakan sistem komputerisasi yang terintegrasi dengan perangkat lunak CAD/CAM. Dengan sistem ini, pengguna dapat memprogram mesin untuk melakukan bending dengan presisi tinggi dan pengulangan yang konsisten.
  4. Electric Press Brake: Jenis mesin press brake ini menggunakan motor listrik sebagai sumber daya. Keuntungan mesin press brake listrik adalah lebih hemat energi dan lebih ramah lingkungan dibandingkan mesin press brake hidrolik.
  5. Hybrid Press Brake: Jenis mesin press brake ini menggabungkan teknologi hidrolik dan listrik untuk memberikan efisiensi yang lebih tinggi. Mesin press brake hybrid mampu memberikan kecepatan dan akurasi yang tinggi dengan biaya operasional yang lebih rendah.
Baca juga:  Fungsi Mesin Filling dalam Industri Makanan. Macamnya Banyak, Yuk Kenali Komponennya

Dalam memilih mesin press brake, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan anggaran bisnis Anda. Pilihlah mesin press brake yang dapat memenuhi kebutuhan produksi Anda dengan efisien dan efektif.