Mengenal Teknologi Mesin Cutting Laser Industri Manufaktur dan Industri Kreatif

Mesin Cutting, CO2 laser, Fiber laser, Nd:YAG laser

Mesin cutting laser adalah sebuah alat yang menggunakan teknologi laser untuk memotong material dengan presisi yang tinggi. Teknologi ini biasanya digunakan untuk memotong bahan seperti logam, plastik, kertas, kain, kayu, dan berbagai bahan lainnya.

Prinsip kerja mesin cutting laser adalah dengan menghasilkan sinar laser yang diarahkan pada bahan yang ingin dipotong. Sinar laser yang dihasilkan kemudian memanaskan dan melelehkan bahan, sehingga terbentuk potongan dengan tepi yang halus dan akurat.

 

Mesin cutting laser banyak digunakan dalam industri manufaktur, seperti : pembuatan suku cadang otomotif, industri penerbangan, dan industri peralatan medis. Selain itu, mesin ini juga digunakan dalam industri kreatif, seperti : produksi merchandise, dekorasi, dan seni lukis.

Ada beberapa jenis mesin cutting laser yang tersedia, termasuk mesin CO2 laser dan mesin fiber laser. Mesin CO2 laser biasanya digunakan untuk memotong bahan non-logam, seperti kain dan kertas, sedangkan mesin fiber laser lebih cocok untuk memotong logam dan bahan keras lainnya.

 

Baca juga:  Fungsi Mesin Filling dalam Industri Makanan. Macamnya Banyak, Yuk Kenali Komponennya

Teknologi Yang Digunakan Mesin Cutting Laser

Mesin cutting laser menggunakan teknologi laser yang digunakan untuk memotong material dengan tingkat presisi yang tinggi. Teknologi ini menggunakan sebuah laser yang menghasilkan cahaya monokromatik yang sangat intens, yang kemudian difokuskan dan diterapkan pada material untuk memotongnya.

 

Beberapa teknologi yang digunakan pada mesin cutting laser antara lain:

  1. CO2 laser: Teknologi ini menggunakan gas karbon dioksida untuk menghasilkan sinar laser. CO2 laser biasanya digunakan untuk memotong material seperti kertas, kayu, kain, plastik, dan karet.
  2. Fiber laser: Teknologi ini menggunakan serat optik yang diisi dengan gas untuk menghasilkan sinar laser. Fiber laser biasanya digunakan untuk memotong material seperti logam, termasuk stainless steel, aluminium, dan tembaga.
  3. Nd:YAG laser: Teknologi ini menggunakan kristal Yttrium-Aluminum-Garnet (YAG) yang dipompa oleh laser Neodimium (Nd) untuk menghasilkan sinar laser. Nd:YAG laser biasanya digunakan untuk memotong material yang sulit, seperti keramik, batu, dan bahan-bahan yang sangat keras.
Baca juga:  Mesin Sealing Induksi Untuk Segel yang Handal Produk Industri Anda

 

Mesin cutting laser memiliki keuntungan utama dalam menghasilkan potongan dengan akurasi yang tinggi, permukaan potongan yang halus dan permukaan yang dihasilkan tidak mengalami deformasi akibat panas. Mesin ini juga dapat memotong berbagai macam bahan, termasuk material yang sangat tebal dan keras.

Harga mesin cutting laser bisa sangat bervariasi, tergantung pada berbagai faktor seperti merek, ukuran, kecepatan pemotongan, dan kegunaan mesin itu sendiri. Harga mesin cutting laser dapat berkisar dari puluhan juta hingga miliaran rupiah.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih spesifik tentang harga mesin cutting laser, sebaiknya Anda mencari informasi dari produsen atau distributor mesin cutting laser yang terpercaya dan dapat memberikan penawaran harga yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda juga bisa membandingkan harga dari beberapa sumber untuk mendapatkan harga yang terbaik.

 

Cara Kerja Mesin Laser Cutting

Mesin cutting laser adalah mesin yang menggunakan teknologi laser untuk memotong bahan dengan akurasi tinggi dan kecepatan tinggi. Berikut adalah cara kerja mesin cutting laser secara umum:

  1. Sumber laser menghasilkan sinar laser yang dikumpulkan dan difokuskan oleh lensa dan cermin ke titik kecil di atas bahan yang akan dipotong.
  2. Sinar laser sangat intens dan panas, sehingga saat diarahkan ke bahan, energinya menyebabkan bahan tersebut meleleh, menguap, atau terbakar pada titik tersebut.
  3. Mesin cutting laser biasanya dilengkapi dengan komputer dan perangkat lunak khusus yang mengatur pergerakan laser dan pemotongan yang diperlukan. Perangkat lunak ini dapat memproses file desain dari program desain grafis seperti Adobe Illustrator atau CorelDRAW.
  4. Bahan yang akan dipotong biasanya diletakkan pada meja kerja yang dapat digerakkan secara horizontal dan vertikal untuk mengatur posisi pemotongan yang tepat.
  5. Laser bergerak di atas bahan sesuai dengan program yang telah diprogram di perangkat lunak, memotong bahan dengan presisi dan kecepatan yang tinggi.
  6. Setelah pemotongan selesai, bahan yang telah dipotong dapat dengan mudah dilepaskan dari meja kerja.
Baca juga:  Industri Pengolahan Limbah Plastik Butuh Mesin Ekstrusi Plastik, Cek Macam dan Cara Penggunaannya

 

Mesin cutting laser umumnya digunakan untuk memotong berbagai bahan seperti kain, plastik, kertas, kayu, logam, dan sebagainya.