Jenis dan Macam Mesin Gergaji Beserta Fungsinya Untuk Industri Maupun Rumahan

Mesin gergaji adalah sebuah alat mekanik yang digunakan untuk memotong benda-benda dengan menggunakan pisau gergaji yang digerakkan oleh motor listrik. Ada beberapa jenis mesin gergaji, termasuk gergaji bundar, gergaji pita, gergaji scroll, gergaji potong dan lain sebagainya. Mesin gergaji digunakan dalam berbagai industri, seperti kayu, logam, dan kertas, serta dapat digunakan di rumah atau bengkel sebagai alat pemotong benda seperti kayu, pipa, logam, dan bahan lainnya. Mesin gergaji biasanya dilengkapi dengan meja kerja dan fitur-fitur keamanan seperti penutup dan sensor yang akan memberhentikan mesin jika terjadi kecelakaan atau kesalahan operator.

 

Jenis-Jenis Mesin Gergaji

Terdapat berbagai jenis mesin gergaji, di antaranya adalah:

  1. Gergaji tangan : Merupakan jenis gergaji yang paling sederhana dan umum digunakan. Memiliki bentuk seperti pisau dengan pegangan di ujungnya dan digunakan dengan cara digerakkan secara manual.
  2. Gergaji bundar (circular saw) : Digunakan untuk memotong benda bulat seperti pipa, kayu, dan logam. Gergaji bundar mempunyai bentuk bulat dan pisau gergaji berbentuk lingkaran.
  3. Gergaji meja (tablesaw) : Jenis mesin gergaji yang banyak digunakan di bengkel dan pabrik-pabrik. Mesin gergaji meja ini memiliki pisau gergaji yang digerakkan dengan listrik.
  4. Gergaji potong : Digunakan untuk memotong bahan-bahan seperti kayu, logam, dan plastik. Mesin gergaji potong ini memiliki pisau gergaji yang berputar pada kecepatan tinggi.
  5. Gergaji sabuk (bandsaw) : Digunakan untuk memotong bahan-bahan seperti kayu, logam, dan plastik dengan menggunakan sabuk yang bergerak. Jenis mesin gergaji ini banyak digunakan dalam industri kayu dan pabrik-pabrik.
  6. Gergaji jigsaw: Digunakan untuk memotong bahan-bahan yang berukuran kecil dengan bentuk yang rumit, seperti membuat bentuk huruf atau pola pada kayu atau plastik.

 

Mesin Gergaji Meja (Tablesaw)

Mesin tablesaw atau sering juga disebut gergaji meja adalah jenis mesin gergaji yang terdiri dari sebuah pisau gergaji bundar yang duduk tegak di atas meja datar, dan pisau tersebut diatur untuk bisa diatur ketinggiannya agar sesuai dengan kebutuhan pemotongan. Pisau gergaji biasanya digerakkan oleh motor listrik, dan ada beberapa jenis pisau yang bisa digunakan tergantung pada jenis material yang akan dipotong.

Mesin tablesaw bisa digunakan untuk memotong berbagai jenis material, termasuk kayu, melamin, dan bahan-bahan kayu lainnya dengan presisi dan kecepatan tinggi. Mesin ini sangat berguna bagi tukang kayu dan pengrajin yang memerlukan hasil pemotongan yang presisi dan cepat. Beberapa jenis tablesaw juga dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan, seperti pemotong sudut atau pisau gergaji yang dapat diatur sudutnya, yang memungkinkan operator untuk membuat potongan yang lebih kompleks dan presisi. Penting untuk selalu mengikuti instruksi penggunaan dan menggunakan fitur keamanan yang tersedia pada mesin tablesaw, karena kecelakaan dapat terjadi jika mesin tidak digunakan dengan benar.

 

Mekanisme Kerja Mesin Tablesaw

Mekanisme mesin tablesaw dapat bervariasi tergantung pada jenis dan model mesin. Namun, secara umum, mesin tablesaw bekerja dengan prinsip memutar pisau gergaji bundar dengan kecepatan tinggi melalui material yang akan dipotong. Pisau gergaji didorong oleh motor listrik yang terpasang di bawah meja mesin.

Baca juga:  Daftar Harga Mesin Gerinda Tangan All Merk Tahun 2021

Pisau gergaji pada mesin tablesaw biasanya diatur dengan ketinggian yang bisa diatur sesuai dengan ketebalan material yang akan dipotong. Pisau gergaji juga bisa diatur sudutnya untuk memotong material dengan sudut miring atau potongan sudut.

Meja mesin pada mesin tablesaw biasanya memiliki tampilan skala pengukur yang memungkinkan operator untuk mengatur sudut dan ukuran potongan yang diinginkan. Meja mesin juga biasanya dilengkapi dengan alat pendorong atau sled yang membantu operator dalam mendorong material melalui pisau gergaji dengan aman dan presisi. Beberapa mesin tablesaw juga dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan, seperti sensor keamanan dan pemotong sudut yang meminimalkan risiko kecelakaan dan cedera.

 

Cara menggunakan mesin tablesaw adalah sebagai berikut:

  1. Persiapan material : Pertama-tama, material yang akan dipotong harus dipersiapkan dengan baik, yaitu diberi tanda atau garis potong sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
  2. Penyetelan pisau gergaji : Pisau gergaji harus disetel pada ketinggian yang tepat dan arah potong yang diinginkan. Beberapa jenis mesin tablesaw memiliki fitur pengaturan pisau otomatis, sementara yang lain mungkin perlu diatur secara manual.
  3. Penyetelan meja : Meja mesin harus disesuaikan dengan ukuran material yang akan dipotong dan diatur pada sudut yang tepat terhadap pisau gergaji.
  4. Pemotongan material : Setelah persiapan selesai, material yang akan dipotong dimasukkan ke mesin tablesaw dan didorong dengan hati-hati melalui pisau gergaji dengan bantuan alat pendorong atau sled. Operator harus memperhatikan posisi jari-jari dan tangan mereka, serta memastikan untuk tidak mendorong material terlalu cepat atau terlalu keras, yang dapat menyebabkan potongan yang tidak presisi atau bahkan kecelakaan.
  5. Penyelesaian : Setelah pemotongan selesai, material diambil dari mesin dan diuji keakuratannya. Jika perlu, material dapat diberi finishing dengan amplas atau mesin lainnya.

Mesin tablesaw adalah alat yang sangat bermanfaat, tetapi juga dapat berbahaya jika tidak digunakan dengan benar. Penting untuk selalu mengikuti instruksi penggunaan dan menggunakan fitur keamanan yang tersedia pada mesin tablesaw, seperti pemotong sudut dan sensor keamanan, untuk menghindari kecelakaan dan cedera.

 

Jenis-Jenis Mesin Tablesaw

Ada berbagai jenis mesin tablesaw yang diberedar di pasar, yaitu :

 

  • Contractor Saw

Mesin contractor saw atau sering disebut juga dengan “table saw” adalah jenis mesin gergaji listrik yang banyak digunakan oleh kontraktor atau tukang kayu profesional untuk memotong kayu dalam jumlah besar dengan akurasi yang tinggi. Mesin ini memiliki meja datar yang memungkinkan pengguna untuk menempatkan kayu atau bahan lainnya di atasnya dan kemudian memotongnya dengan memasukkan pisau gergaji yang berputar melalui bahan tersebut.

Mesin contractor saw biasanya lebih ringkas dan portabel dibandingkan dengan jenis mesin gergaji lainnya seperti cabinet saw. Mesin ini dapat dioperasikan di lokasi yang berbeda-beda tergantung pada kebutuhan dan dapat disimpan dengan mudah ketika tidak digunakan. Mesin ini sering digunakan untuk memotong kayu kasar dan memproduksi potongan kayu yang lebih besar, seperti panel dinding atau lantai kayu.

 

  • Hybrid Tablesaw

Hybrid table saw adalah jenis mesin gergaji listrik yang merupakan perpaduan antara mesin gergaji kontraktor (contractor saw) dan mesin gergaji kabinet (cabinet saw). Mesin ini dirancang untuk memberikan kinerja yang lebih baik daripada mesin gergaji kontraktor, tetapi dengan harga yang lebih terjangkau daripada mesin gergaji kabinet.

Baca juga:  Spesifikasi dan Harga Mesin Gerinda Tangan Large / Lebar Bosch

Seperti mesin gergaji kontraktor, hybrid table saw memiliki meja datar yang terbuat dari baja atau aluminium, dan pisau gergaji yang berputar dari bawah meja. Namun, seperti mesin potong kabinet, hybrid table saw memiliki konstruksi yang lebih kokoh, mesin yang lebih kuat, dan sistem pengumpulan debu yang lebih efektif.

Hybrid table saw biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur yang ditemukan pada mesin potong kabinet seperti sistem pisau yang dapat diatur dengan mudah, kontrol arus listrik, dan sistem pengaturan sudut pisau yang akurat. Mesin ini juga sering dilengkapi dengan penutup mesin yang terbuat dari logam atau plastik untuk mengurangi kebisingan dan menjaga pengguna dari pecahan kayu atau debu yang terlempar.

Hybrid table saw sering dipilih oleh para pengrajin kayu yang membutuhkan mesin yang lebih kuat dan lebih akurat daripada mesin potong kontraktor, namun masih mempertimbangkan faktor harga.

 

  • Sliding Tablesaw

Sliding table saw adalah jenis mesin gergaji listrik yang dirancang untuk memotong kayu dengan presisi dan efisiensi yang tinggi. Mesin ini memiliki meja datar yang panjangnya lebih besar dari meja pada mesin potong kontraktor atau mesin potong kabinet, dan dilengkapi dengan sistem meja geser atau sliding table yang memungkinkan pengguna untuk memotong bahan dengan presisi yang tinggi dan menghindari risiko terjepit atau berbahaya.

Ketika mengoperasikan sliding table saw, pengguna menempatkan kayu atau bahan kerja di atas meja datar yang besar dan menggeser meja kerja secara horizontal untuk memotong kayu dengan pisau gergaji yang berputar. Meja geser pada sliding table saw memberikan kontrol yang lebih baik atas kayu atau bahan kerja dan memungkinkan pengguna untuk memotong dengan akurasi tinggi tanpa risiko membahayakan jari atau tubuh pengguna.

Sliding table saw sangat ideal digunakan oleh tukang kayu profesional yang membutuhkan akurasi dan presisi tinggi dalam memotong kayu dan bahan lainnya, terutama pada proyek-proyek yang membutuhkan potongan-potongan kayu yang besar atau ukuran yang berbeda-beda. Mesin ini juga digunakan untuk memproduksi jenis-jenis furnitur, panel dinding atau lantai kayu. Namun, sliding table saw biasanya lebih mahal dan lebih besar dari mesin potong kontraktor dan mesin potong kabinet.

 

  • Cabinet Saw

Cabinet saw adalah jenis mesin gergaji listrik yang digunakan untuk memotong kayu dan bahan lainnya dengan presisi dan efisiensi yang tinggi. Mesin ini memiliki konstruksi yang sangat kokoh dan berat, serta dilengkapi dengan fitur-fitur yang lebih canggih dibandingkan dengan mesin potong kontraktor atau mesin potong hybrid.

Cabinet saw memiliki meja datar yang besar dan terbuat dari baja atau besi tuang, serta pisau gergaji yang terletak di bawah meja. Mesin ini juga dilengkapi dengan sistem motor yang kuat, kontrol arus listrik yang presisi, dan sistem pengaturan sudut pisau yang akurat. Selain itu, mesin ini sering dilengkapi dengan sistem pengumpulan debu yang sangat efektif untuk mengurangi debu dan serpihan kayu yang terlempar selama proses pemotongan.

Baca juga:  Teknologi Mesin Alat Berat Konstruksi Berteknologi Tinggi Untuk Membangun Struktur Jembatan

Cabinet saw digunakan oleh tukang kayu profesional dan produsen furnitur untuk memproduksi potongan-potongan kayu yang besar dan berat dengan presisi yang sangat tinggi. Mesin ini ideal digunakan pada proyek-proyek besar seperti memproduksi pintu atau jendela dalam jumlah besar. Mesin ini juga sering digunakan untuk memproduksi jenis-jenis furnitur dengan detail yang rumit, karena fitur-fitur yang terdapat pada mesin ini memberikan akurasi yang sangat tinggi dalam memotong kayu dengan presisi yang lebih baik.

Mesin cabinet saw biasanya lebih mahal dan lebih besar dibandingkan dengan mesin potong kontraktor atau mesin potong hybrid, namun mesin ini dianggap sebagai mesin gergaji terbaik untuk kebutuhan produksi kayu yang besar dan membutuhkan presisi tinggi.

 

Merk dan Harga Mesin Tablesaw

Harga tablesaw di Indonesia dapat bervariasi tergantung pada merek, model, dan fitur yang tersedia pada mesin tersebut. Berikut adalah perkiraan harga untuk beberapa jenis tablesaw yang tersedia di pasaran Indonesia:

  1. Mesin Potong Kontraktor: sekitar Rp 3 juta hingga Rp 10 juta
  2. Hybrid Table Saw: sekitar Rp 10 juta hingga Rp 20 juta
  3. Sliding Table Saw: sekitar Rp 20 juta hingga Rp 50 juta
  4. Cabinet Saw: sekitar Rp 50 juta hingga Rp 150 juta atau lebih.

Berikut adalah beberapa contoh merk Mesin Tablesaw yang beredar di pasar :

 

Tablesaw Ryu RTS 10

  • Daya Listrik 2000W
  • Dimensi Meja Potong 63×45 cm
  • Kedalaman Potong 73mm (90 derajat) dan 63 mm (45 derajat)
  • Ukuran pisau 10 Inch
  • Harga Rp 2.126.000

 

Tablesaw Ryu RTS 8

  • Daya Listrik 600W
  • Dimensi Meja Potong 50×33 cm
  • Kedalaman Potong 45mm (90 derajat) dan 27 mm (45 derajat)
  • Ukuran pisau 8 Inch
  • Harga Rp 830.000

 

Tablesaw Modern M-608

  • Daya Listrik 1500W
  • Dimensi Meja Potong 46×50 cm
  • Kedalaman Potong 76mm (90 derajat) dan 56mm (45 derajat)
  • Ukuran pisau 10Inch
  • Harga Rp 1.231.000

 

Table Saw Stanley SST1801

  • Daya Listrik 1800W
  • Dimensi Meja Potong 61x50cm
  • Kedalaman Potong 45mm
  • Ukuran pisau 8 Inch
  • Harga Rp 3.416.000

 

Dewalt DEW 7470 B1

  • Daya Listrik 1800W
  • Kedalaman Potong 76.2mm (90 derajat) dan 63.5mm (45 derajat)
  • Ukuran pisau 10Inch
  • Harga Rp 4.700.000

 

Tablesaw NRT TS-8

  • Daya Listrik 900W
  • Kedalaman Potong 43mm (90 derajat) dan 27mm (45 derajat)
  • Ukuran pisau 8Inch
  • Harga Rp771.000

 

Tablesaw Bull BTS8

  • Daya Listrik 600W
  • Dimensi Meja Potong 50×33 cm
  • Kedalaman Potong 45mm (90 derajat) dan 27mm (45 derajat)
  • Ukuran pisau 8Inch
  • Harga Rp 1.020.000

 

Tablesaw Mollar 8 Inch

  • Daya Listrik 600W
  • Dimensi Meja Potong 50×35 cm
  • Ukuran pisau 8Inch
  • Harga Rp 800.000

 

Namun, harga sebenarnya dapat berbeda tergantung pada merek dan model mesin yang diinginkan, serta tempat dan waktu pembelian. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan pengecekan harga di toko-toko peralatan kayu atau toko online untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat.