Jenis Tipe Mesin Random Orbital Sander (Amplas Putar Getar)

Apa Saja Fungsi Mesin Amplas ? Berikut Macam Merek dan Tipenya :

Diposting pada

Kali ini kami memberikan tips dan panduan membeli Mesin Amplas beserta cara menggunakannya. Untuk finishing atau memperhalus permukaan kayu yang kasar, perlu alat yang namanya amplas, amplas bermacam-macam jenis dan tipe. Amplas ini terbuat dari material abrasive. Material abrasif diantaranya ada yang berbentuk amplas.

 

Untuk mendapatkan hasil amplas yang maksimal, perlu ketelatenan dan kejelian melihat permukaan yang masih kasar, kemudian saat proses pengamplasan bisa dengan cara manual dengan tenaga tangan dan tenaga mesin. Hasil yang lebih cepat, terukur dan maksimal tentu sebaiknya menggunakan  mesin pengamplas, yang kini sudah banyak mesin amplas merek terkenal dan mudah dioperasikan  dengan gerakan abrasif secara otomatis.

 

Selain  mesin ini dioperasikan, cepat, dan hasilnyapun merata terukur. Ada diantara mesin sander punya katup untuk menyedot debu, jadi bisa meminimalkan polusi debu amplas.

 

Baca juga :

Daftar Harga Mesin Gerinda Tangan All Merk Tahun 2021

Macam, Jenis dan Harga Mesin Router, Trimmer dan Profil Kayu Terbaik

Harga Jual dan Spek Mesin Bor Tangan Impasct Cordless Terbaik dan Pilihan

 

Mesin Amplas ada 3 tipe yang sering dikenal di dunia permesinan kontruksi bangunan :

 

  • Amplas Belt Sander

Amplas belt sander bentuknya adalah pita yang berputar secara otomatis  dengan tenaga listrik yang terangkai dengan komponen elektronik dan terdapat dua buah roda. Hasil dari amplas belt sander ini sangatlah super cepat, namun butuh konsentrasi tinggi dalam pengoperasiannya.

Belt sander berbentuk lebih besar dari tangan kita dan berat, jadi harus dioperasikan dengan ekstra berhati-hati. Mesin belt sander cocoknya adalah untuk bidang material yang luas, seperti papan kayu dan lantai berbahan kayu.

mesin amplas belt sander

Belt sander cocok juga untuk permukaan material yang luas dan bisa digunakan untuk mengupas bekas cat.

Bila diterapkan untuk bidang kecil pengerjaannya agak sulit dalam mengendalikan bahkan dapat merusak pada permukaan jika kurang teliti.

Mesin belt sander bisa efektif juga untuk mengerjakan dalam mengupas cat lama, membersihkan bekas minyak, membuang bekas cacat pada substrat termasuk juga ketika diterapkan pada bekas karat pada panel besi.

Mesin belt sander sudah banyak beredar di pertokoan mesi dengan banyak ragam merek, diantaranya : Makita, bosch, maktek, dan beberapa merek china.

 

  • Mesin Amplas Jenis / tipe Orbital Sander (Amplas Getar)

Mesin amplas jenis ini paling banyak digunakan dan banyak beredar dipasaran. Amplas orbital sander sistem kerjanya dengan gerak getar naik turun.

Mesin  orbit atau getar ini merupakan jenis mesin amplas terpopuler, bagian bawah mesin ini ada bagian spon agak keras  sebagai tempat meletakkan amplas yang fungsinya menyentuh permukaan material kayu secara fleksibel dan tidak merusak permukaan.

Mesin Amplas Orbital Sander

Mesin orbital sander sering kita jumpai berdesain kotak persegi panjang atau persegi. Mesin amplas orbitas sander sering dipergunakan di industri kayu ukuran kecil juga sering oleh para penghobi DIY (membuat karya sendiri dan kreatif).

 

  • Mesin Random Orbital Sander (Amplas Putar Getar)

Mesin random orbital sander berdesain bentuk bulat. Sistem pemasangannya  sistem velcro (amplas dapat langsung direkatkan), maka dari itu sering disebut oleh tenaga professional dengan jenis mesin amplas velcro.

Mesin amplas random orbit sander atau biasa disebut amplas Velcro memiliki sistem kerja gerak kombinasi yaitu bergetar naik turun dan juga bisa berputar.

Jenis Tipe Mesin Random Orbital Sander (Amplas Putar Getar)

Dengan sistem kerja mesin orbit sander seperti ini dapat mempercepat pekerjaan. Mesin ini terdapat lubang dan amplas  yang terletak di tatakannya jadinya bisa menghisap debu dengan cukup bagus. Jenis mesin ini tidak bnyajk merek, adanya merek besar yang ada di pasaran dan harganyapun agak mahal, yaitu seperti bosch, maktek, dan dewalt.

 

Keamanan Kerja Ketika Memakai Mesin Amplas

Berikut tips yang harus diterapkan untuk keamanan dan kesehatan paru-paru kita, yaitu ketika menggunakan mesin ini pakailah masker dan kaca mata kerja.

Masker ini bermanfaat menyaring debu dari sisa proses pengamplasan dan debu tidak masuk ke saluran pernafasan tubuh kita. Sangat disarankan memakai masker yang terdapat respiratornya, sebab partikel dari debu proses amplas sangatlah kecil dan bisa-bisa masuk menembus ke sela masker yang tidak rapat.

Begitu juga, pakailah kacamata kerja untuk menghindari mata kita dari debu yang beterbangan, sebab berbahaya untuk mata kita dan bisa iritasi. Apalagi yang diamplas oleh kita berupa material besi, bekas karatan besi, atau sisa dari cat.

Jadi sangat penting, utamakan keselamatan kerja  dan kesehatan kita.