Mengenal Macam dan Jenis Mesin Router Kayu, Trimmer dan Profil Kayu

Diposting pada

Fungsi Mesin Trimmer Kayu, Profil dan Router

Mengenal Jenis dan fungsi tepat guna Mesin Router, Trimmer, Profil. Mesin router merupakan mesin yang berfungsi untuk membuat berbagai macam profil relief, sponing pada kayu kusen, pintu maupun jendela, alur, dan dapat meluruskan pada pinggiran kayu.

 

Mesin router tangan fungsinya adalah untuk membuat profil, meminggul meja kerja, meratakan pada pelapis sintetik atau formika, bisa membuat alur dan banyak pekerjaan mendesain / membentuk kayu lainnya. Jenis / membentuk desain kayu juga sangat menentukan pada jenis pisau yang digunakan.

Pada intinya sama dengan mesin bor jenis vertikal, tetapi jenis kepala pisau berbeda bentuk dan desain beda juga. Fungsi utama mesin router adalah membuat alur terhadap permukaan jenis balok kayu, maka dari itu pisaunya ada di posisi vertikal mengarah ke bawah jadi kebalikan dengan mesin profile (spindle).  Mesin Router ini dibuat pabrikan berkecepatan putar (rpm) atau sangat lebih tinggi dari pada mesin bor pada umumnya.

 

Mesin router terdapat 2 ukuran yaitu :

  1. Router Collet (as) 12 mm dan
  2. Router yang terdapat AS (gagang) 6 mm.
  3. Antara mesin router dengan As 6mm sering disebut mesin trimmer.

 

Mesin router punya banyak fungsi, yaitu sesuai dengan mata yang dipasang. Lain waktu kami ulas tentang macam jenis mata router dan apa saja fungsinya.

Mesin router yang sudah dikenal di pasaran adalah Makita, Bosch, Maktek, Dewalt, Skill, Modern, Bitech dan lain sebagainya.

 

Cara penggunaan Mesin Router

Penggunaannya bisa dengan handheld (ada pegangan tangan), bisa juga dengan diletakkan di meja sebagai dudukannya. Meja router sangat efisien dalam pekerjaan karena hasil yang dihasilkan lebih presisi dan stabil. Meja router juga ada yang diproduksi oleh pabrik dan ada yang dibuat sendiri dan mudah tinggal merangkai yaitu dengan bahan kayu atau plywood.

Meja Mesin Router Merek Bosch

 

Perusahaan mesin sedang gencar-gencarnya memproduksi mesin ini dengan berbagai penawaran kecanggihan, harga dan efisiensi, karena persaingan antar perusahaan hingga di toko mesin sudah banyak yang menjual dengan menyediakan banyak merek terkenal.

Perlengkapan mesin Router yang utama adalah pisau baja yang bentuknya persis mata bor. Baja yang digunakan yaitu baja yang khusus untuk berputar tinggi dan terbuat khusus dari bahan carbide tipped steel. Pisau dapat berputar dengan kecepatan tinggi dan  mengikis rapi pada tepi kayu sampai membentuk lekuk yang diingini.

 

Pisau Router ada 4 Jenis Berdasar Bentuk dan Fungsi Router Antara Lain:

  • Desain Pisau Khusus Pembuat Alur
    Sering digunakan khusus membuat macam-macam alur, menghias kaki meja, dan dapat pula membuat sambungan.
  • Pisau untuk membentuk pinggiran kayu pintu dan kusen
    Pada ujung pisau terdapat bantalan peluru dan sebagai pengantar dan membentuk tepian pada kayu.
  • Pisau Khusus Perata Pinggir
    Pisaunya didesain khusus untuk pengantar karena bentuknya yang unik.
  • Desain Pisau Pembuat Alur Kecil
    Pisau ini sering digunakan untuk membentuk macam lekuk hias yang indah pada tepi kayu.

 

Demikian yang dapat kami paparkan tentang Fungsi Mesin Trimmer, Profil dan Router. Lain waktu kita bahas tentang mesin kontruksi yang lain diantaranya: harga dan spesifikasi mesin bor, gerinda, gergaji, pemotong keramik, mesin cor dll.

keyword: