Mesin Sealing Induksi Untuk Segel yang Handal Produk Industri Anda

Cara Menggunakan dan Mengoperasikan Mesin Sealing, Daftar Harga

Mesin sealing induksi adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk membuat segel atau penutup pada botol, tabung, atau wadah dengan menggunakan prinsip induksi elektromagnetik. Prinsip dasar mesin ini adalah menggunakan medan elektromagnetik untuk memanaskan foil aluminium atau segel khusus lainnya yang melekat pada bibir wadah. Saat foil dipanaskan, ia mencair atau meleleh dan menempel pada permukaan wadah, membentuk segel yang rapat.

 

Proses sealing induksi melibatkan beberapa komponen utama, termasuk generator medan elektromagnetik, coil induksi, dan sistem transportasi untuk mengalirkan wadah melalui proses sealing. Generator medan elektromagnetik menghasilkan medan listrik frekuensi tinggi yang diarahkan ke coil induksi. Coil induksi ini memanaskan foil aluminium dengan induksi elektromagnetik, dan panas ini kemudian ditransfer ke wadah yang berada di bawah foil tersebut. Akibatnya, foil meleleh dan menempel pada permukaan wadah, menghasilkan segel yang rapat dan aman.

 

Baca juga:

Anda Harus Tau, Berikut Macam-macam Mesin Packing Industri Beserta Fungsinya

Fungsi Mesin Filling dalam Industri Makanan. Macamnya Banyak, Yuk Kenali Komponennya

 

Mesin sealing induksi umumnya digunakan dalam industri makanan, minuman, farmasi, kosmetik, dan industri lainnya di mana diperlukan segel yang andal untuk menjaga keamanan, kebersihan, dan kualitas produk. Mesin ini juga dapat digunakan untuk mencetak tanggal kedaluwarsa atau kode produksi pada segel, memberikan keamanan tambahan dan memudahkan pelacakan produk.

Baca juga:  Fungsi Mesin Filling dalam Industri Makanan. Macamnya Banyak, Yuk Kenali Komponennya

Sebagai catatan, mesin sealing induksi berbeda dengan mesin sealing konveksi yang menggunakan panas langsung untuk mencairkan dan menempelkan segel pada wadah.

 

Panduan Penggunaan Mesin Sealing Induksi

Berikut adalah panduan umum untuk penggunaan mesin sealing induksi:

1. Persiapan:

  • Pastikan mesin sealing induksi terhubung dengan sumber listrik yang stabil dan sesuai dengan spesifikasi daya yang diperlukan.
  • Periksa dan pastikan bahwa semua bagian mesin dalam kondisi baik dan bekerja dengan normal.
  • Siapkan segel atau foil aluminium yang sesuai dengan ukuran dan jenis wadah yang akan digunakan.
  • Atur parameter pengaturan seperti suhu, waktu, atau kecepatan conveyor sesuai dengan persyaratan sealing yang diinginkan.

 

2. Penempatan Wadah:

  • Tempatkan wadah secara rapi pada meja kerja atau conveyor. Pastikan wadah berada di posisi yang tepat di bawah head sealing.
    Pengaturan Head Sealing:
  • Sesuaikan tinggi head sealing agar sesuai dengan tinggi wadah. Hal ini akan memastikan bahwa segel ditempatkan dengan presisi pada bibir wadah.

 

3. Pengaturan Parameter:

  • Sesuaikan parameter pengaturan seperti suhu, waktu, atau kecepatan conveyor sesuai dengan kebutuhan sealing.
  • Parameter pengaturan ini dapat bervariasi tergantung pada jenis wadah, jenis segel, dan persyaratan sealing yang diinginkan.

 

Baca juga:  Mengenal Mesin Press Brake dan Cara Kerjanya Supaya Akurat dan Presisi

Pengoperasian:

  • Nyalakan mesin sealing induksi dan pastikan generator medan elektromagnetik berfungsi dengan baik.
  • Aktifkan conveyor atau sistem transportasi untuk mengalirkan wadah melalui area sealing.
  • Pastikan wadah bergerak dengan lancar melalui head sealing untuk memastikan segel dipanaskan dan menempel dengan baik.
  • Amati proses sealing secara visual untuk memastikan segel terbentuk dengan baik dan tidak ada masalah atau cacat pada segel.

 

4. Pemantauan dan Pengawasan:

  • Perhatikan pemantauan dan sistem sensor yang ada pada mesin sealing induksi untuk mendeteksi segel yang tidak adekuat, kesalahan proses, atau gangguan lainnya.
  • Jika terjadi masalah atau cacat pada segel, hentikan mesin dan periksa penyebabnya. Perbaiki masalah jika memungkinkan sebelum melanjutkan proses sealing.

 

5. Pemeliharaan:

  • Setelah selesai menggunakan mesin sealing induksi, matikan mesin dan bersihkan bagian-bagian yang kotor atau terkena sisa segel.
  • Periksa dan lakukan pemeliharaan rutin pada mesin sesuai dengan panduan produsen untuk memastikan kinerjanya tetap optimal.
  • Penting untuk selalu mengacu pada panduan penggunaan yang disediakan oleh produsen mesin sealing induksi tertentu yang digunakan, karena setiap mesin mungkin memiliki fitur dan prosedur operasional yang sedikit berbeda.

 

Daftar Harga Mesin Sealing Induksi

Harga mesin sealing induksi dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk merek, kapasitas, fitur, dan negara tempat Anda membelinya. Selain itu, harga juga dapat dipengaruhi oleh aspek-aspek seperti kualitas, reputasi merek, dan layanan purna jual yang disediakan oleh produsen atau distributor mesin. Penting untuk mencari informasi lebih lanjut dan membandingkan harga dari beberapa sumber atau produsen yang berbeda sebelum membuat keputusan pembelian.

Baca juga:  Peran Mesin Laser Cutting di Bidang Industri, Inilah Jenis dan Macamnya

 

Heavypack DGYF-S500A

 

Power : 500W

Kapasitas : 0-50pcs/min

Diameter seal : 20-100mm

Harga : Rp 1.626.000

Heavypack DGYF-S500B

Power : 500W

Kapasitas : 0-50pcs/min

Diameter seal : 40-110mm

Harga : Rp 2.100.000

Heavypack DGYF-S500C

Power : 600W

Kapasitas : 0-50pcs/min

Diameter seal : 60-130mm

Harga : Rp 2.100.000

Zonesun

Power : 0.8-1.2 W

Diameter seal : 20-100 mm

Harga : Rp 2.240.000

DCGY-F200

Diameter seal : 2 – 8 cm

Harga : 990.000

Powerpack LGYF-E120

Daya : 1800 W

Diameter Tutup Botol : 50 – 120 mm

inggi Botol : 10 – 350 mm

Kecepatan Konveyor : 0-12,5 m/min

Kecepatan Segel : 0 – 200 Botol / min

Harga : 20.530.000

Powerpack LGYF-1500A-I

Daya : 1500 Watt

Diameter Tutup Botol : 2-5 Cm

Kecepatan Segel : 0-10 m/menit

Harga : 16.304.000

 

Perlu dicatat bahwa harga yang saya sebutkan di atas hanya perkiraan kasar dan dapat berubah seiring waktu. Untuk mendapatkan informasi harga yang lebih akurat dan terbaru, disarankan untuk menghubungi produsen mesin sealing induksi atau konsultan industri yang berspesialisasi dalam peralatan kemasan.