Mengenal Jenis Alat Berat dan Mesin yang Diperlukan di Pertambangan Emas

Mesin atau alat berat merupakan alat utama dalam menjalankan bisnis pertambangan emas, tanpa alat ini tidak akan berjalan suatu tambang itu. Alat berat  pertambangan emas maksudnya adalah mesin besar yang didesain atau dirancang sesuai yang diperlukan untuk konstruksi, produksi ataupun pengolahan bahan baku emas samapi menjadi emas murni berbgai bentuk.
Kemudian apa saja macam alat berat yang dibutuhkan ketika menjalankan usaha pertambangan emas ? dan apa saja fungsinya alat itu ? Oke, tolong diperhatikan ulasan berikut ya…Oke..! good job…!

Macam-macam Alat Berat untuk Bisnis Tambang Emas dan Apa Saja Fungsinya

Berikut adalah penjelasan jenis dan macam-macam alat berat yang utamanya difungsikan dalam menjalankan roda bisnis pertambangan emas serta fungsinya apa saja :
 

Alat Berat Bulldozer

Mesin Bulldozer Pertambangan Emas
Bulldozer umumnya difungsikan untuk mendongkrak lahan yang ditemukan ada sumber pertambangan. Mesin bulldozer ini punya kekuatan besar dan bermanfaat meratakan semak lebat dan menumbangkan pohon-pohon besar.

Moto Grader

Alat Moto Grader fungsinya adalah meratakan dasar tanah di lahan tambang sehingga mempermudah mobilitas dan aktivitas penggalian pertambangan.

Alat Berat Roller

Roller punya fungsi memadatkan pada tanah yang dilalui yang dibuat jalan untuk operasi atau aktifitas pertambangan supaya tanah tidak jatuh kebawah / ambles disebabkan angkutan yang berat.

Mesin Scraper

Mesin Scraper
Bentuk mesin Scraper lebih persis sama dengan traktor, namun mempunyai alat sisir dibagian bawah mesin. Fugsi dari mesin ini adalah mengupas di lapisan tanah ujung lahan pertambangan. Kandungan emas dalam tanah umumnya di bagian dasar/ bawah lapisan lahan tambang.
Wheel Loader
Fungsi Mesin Wheel Loader
Wheel Loader merupakan mesin alat berat dan bodynya lebih mirip Bulldozer, namun ada alat bucket di sisi depan alat ini. Fungsi dari mesin untuk mengangkut material yang terkandung emas kemudian memindahkannya ke alat conveyor. Alat Wheel ini juga dimanfaatkan untuk mengangkut tanah untuk menutup lubang pada lahan dari bekas tambang yang digali.

Excavator

Mesin Excavator Besar
Excavator berperan sebagai alat berat yang berfungsi dalam menggali lubang secara vertikal. Ada 3 macam excavator, yaitu
  1. Backhoe, tipe bucket ke arah dalam
  2. Front shovel, tipe bucket ke arah depan
  3. Dragline.
Excavator tergolong alat berat yang digunakan pada pertambangan skala besar, karena body nya yang besar. Selain itu juga membutuhkan lengan crane atau kawat untuk menggerakannya.

Bucket Wheel Excavator

Bucket weel excavator berfungsi untuk menggali secara terus menerus. Umumnya alat ini digunakan pada pertambangan skala besar. Bentuk alat ini mirip excavator, yang membedakan adalah alat ini memiliki conveyor. Sehingga pemindahan material yang dimuat bucket ke conveyor terjadi secara langsung.

Belt Conveyor

Mobilisasi material intensitas tinggi dari satu tempat ke tempat lainnya merupakan fungsi utama alat ini.

Dump Truck

Alat Berat Dump Truck

 

Dump truk berfungsi untuk mengankut material. Pada pertambangan emas, truk ini berperan dalam pemindahan material dari tempat tambang menuju ke tempat pengolahan. Ada 2 jenis Dump Truck, yaitu
  1. Articulated Dump Truck (ADC), memiliki dimensi yang relatif kecil dan mudah dioperasikan di lahan yang berlumpur.
  2. Off Highway Truck (OHT), memiliki dimensi yang lebih besar sehingga dapat memuat lebih banyak namun sulit dioperasikan di area berlumpur.
Baca juga:  Spesifikasi Mesin Penghancur Cone Crusher Dingbo

Washer Sluice

Washer sluice sering juga dikenal dengan truk kasbok emas. Truk ini berperan dalam pemisahan emas dari material lainnya (tanah, pasir, dan batu). Bentuk truk semi trailer sehingga dapat dipindahkan (portable), mudah didorong ataupun ditarik ke tempat pertambangan.

Big Rotary Screen

Big rotary screen sering juga dikenal dengan tromol ukuran besar. Fungsi alat ini untuk pengolahan tanah liat yang mengandung partikel emas.

Flotation Machine

Ekstraksi mineral logam mulia merupakan tugas dari alat berat ini. Alat ini bekerja dengan memanfaatkan sifat fasa dalam sistem solid liquid gas. Proses yang digunakan dapat disesuiakan dengan jenis logam mulia yang akan diekstraksi.
Sekian paparan mengenai macam-macam mesin atau alat berat tambang emas dan beberapa fungsi pada alat tersebut. Siapkan dana untuk para pengusaha atau perusahaan yang ingin mengembangkan sayapnya dan yang punya rencana berbisnis pertambangan emas.
Jika anda membutuhkan informasi tentang seluk-beluk emas atau alat pertambangan emas, Anda dapat membuka situs mesintrade.com . Salam sukses.